15 IDE NOVEL TENTANG MASA DEPAN UNTUK PENULIS DISTOPIA

Untuk kamu yang tertarik menulis novel distopia, Penulis Gunung kali ini akan membagikan 15 ide cerita novel tentang masa depan yang bisa kamu gunakan. Dengan ide-ide ini nanti, kamu hanya perlu memoles dan mengembangkannya untuk menjadi sebuah cerita utuh atas nama kamu sendiri.

Nah, apa sajakah ide cerita distopia yang bisa kamu eksekusi menjadi sebuah novel yang menarik?

Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

15 Ide Novel Tentang Masa Depan untuk Inspirasi Menulis Genre Distopia

Photo by Pexels.com

Novel distopia adalah sebuah novel yang menceritakan satu kondisi masyarakat yang jauh dari impian bahkan sangat menakutkan di masa depan. Masyarakat distopia terbentuk dari banyak skenario imajinasi yang disampaikan oleh para penulis, mulai dari over populasi, kelaparan, perang nuklir hingga serangan alien.

Menulis cerita tentang masa depan dengan rekayasa yang menakutkan seperti distopia membutuhkan keterampilan yang tidak gampang. Ada berbagai keserasian yang harus disusun supaya dunia distopianya sendiri dapat terbangun dengan baik.

Hal ini untuk sebagian penulis, adalah sebuah tantangan yang serius.

Bahkan tantangan menulis novel distopia itu dimulai dari kesulitan merumuskan ide dasar ceritanya sendiri.

Bagaimana semua komponen dapat membentuk dunia distopia? Apa yang menjadi trigger dystopian sociecy kemudian terbentuk? Siapa yang menjadi penguasa dunia distopia tersebut? Dan lain sebagainya, adalah beberapa elemen sederhana pembangun cerita yang perlu dirumuskan.

Untuk itu, spesial pada artikel kali ini, Penulis Gunung akan memberikan 15 ide dasar cerita yang bisa kamu gunakan untuk menulis sebuah novel fantasi dengan genre distopia.

Jadi, apa saja ide ceritanya?

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #1

Photo by Pixabay

Tulis sebuah buku novel yang menunjukkan angka kelahiran turun dengan sangat tajam. Di seluruh dunia, kelahiran anak manusia adalah sesuatu yang sangat langka dan bernilai miliaran rupiah. Siapa pun yang bisa melahirkan anak akan diberi imbalan uang yang sangat banyak.

Tokoh utama ceritamu adalah seorang wanita miskin yang tinggal di pelosok kampung dan selamat dari pandemi kemandulan global.

Di suatu ketika tokoh cerita menyadari jika ia hamil dan tahu ia tidak mungkin menyembunyikan hal tersebut dalam waktu lama. Jika ada seseorang mengetahui bahwa ia bisa bereproduksi, ia akan diculik atau anaknya akan direbut.

Nah, untuk membuat dramatis plot ceritamu, kamu kemudian bisa menambahkan bahwa tokoh utama mengakui bahwa anak yang dikandungnya adalah anak pemimpin tertinggi negara yang memiliki kekuasaan sangat besar sebagai caranya melindungi diri.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #2

Tulis sebuah buku dengan tokoh utama berusia kurang lebih 13 atau 14 tahun yang melarikan diri ke dalam hutan untuk menghindari kriminalitas dan perang narkoba. Di dalam hutan, tokoh utama mendirikan rumah perlindungan, bercocok tanam, dan memelihara beberapa hewan ternak.

Setelah tinggal di hutan itu seorang diri lebih dari 10 tahun, suatu hari tokoh utama cerita menemukan beberapa orang yang berjalan ke arah hutan dengan kondisi yang mengerikan. Orang-orang itu berpakaian compang-camping, penuh luka dan terlihat sangat kelaparan.

Apa yang telah terjadi dengan dunia di luar hutan dan bagaimana tokoh utama cerita mempertahankan kehidupan normalnya di hutan atas serbuan pendatang baru? Ini adalah bagian yang dapat kamu jadikan sebagai fokus penulisan cerita distopia yang menarik.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #3

Photo by The Independent

Ide selanjutnya yang bisa kamu kembangkan jika ingin menjadi salah satu penulis novel distopia Indonesia bisa jadi sangat menarik.

Coba kamu tulis sebuah buku novel dengan tokoh utama cerita adalah seorang ilmuwan atau kutu buku yang sangat rajin belajar. Tokoh utama meyakini bahwa tanda-tanda pembalikan medan magnet bumi dan bencana jilatan api matahari sudah semakin dekat, dan ia menyiapkan diri dengan sangat baik untuk menghadapinya.

Ketika musibah itu benar-benar terjadi, populasi dunia musnah dan menyisakan hanya tokoh utama yang bertahan hidup.

Tapi setelah bertahan seorang diri lebih dari 25 tahun, tokoh utama cerita baru menyadari ternyata bukan hanya dia yang masih hidup.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #4

Ide novel distopia selanjutnya yang bisa kamu kembangkan adalah tentang tokoh utama cerita yang hidup sebagai seorang tahanan penindasan penguasa. Setiap hari tokoh utama cerita diperlakukan seperti ternak. Mereka bekerja keras, berbaris, diberi makan dan tidur untuk melakukan hal yang sama esok harinya.

Salah satu penjaga nampaknya bersimpati kepada tokoh protagonis cerita dan memberitahukan rahasia bagaimana supaya ia bebas dari sana.

Menariknya, tokoh utama cerita tidak tertarik jika hanya ia yang berhasil keluar. Ia hanya ingin keluar jika semua tahanan lain juga dibebaskan.

Jika kamu tertarik menggabungkan cerita super hero dan dunia distopia yang kelam, ide satu ini tentu sangat layak untuk kamu kembangkan.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #5

Photo by Pinterest

Tulis sebuah buku novel yang menyoroti seorang penguasa sangat terhormat berhasil menguasai dunia dan menciptakan perdamaian. Tidak ada kejahatan di dunia tersebut, semua penduduk hidup berbahagia dengan senyum terkembang setiap waktu.

Tokoh utama ceritamu adalah seorang pemuda yang penuh rasa ingin tahu. Karena kecerdasannya ia kemudian diterima sebagai salah satu asisten pribadi sang penguasa.

Nah, pada saat itulah tokoh utama cerita menyadari bahwa untuk menjaga dunia terlihat sangat sempurna, sang peguasa ternyata menyembunyikan sesuatu yang begitu mengerikan.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #6

Tulis sebuah cerita novel distopia dengan setting yang menunjukkan betapa mahal dan susahnya listrik. Sebuah bencana global telah membuat listrik menjadi sesuatu yang sangat langka dan hampir mustahil untuk dibangun kembali.

Suatu malam, tokoh utama cerita menemukan satu mobil listrik yang disembunyikan di balik kerimbunan semak belukar. Didorong oleh rasa ingin tahu, tokoh utama cerita kemudian mengikuti jejak ban mobil listrik tersebut hingga jauh ke dalam hutan.

Di tengah hutan itu, tokoh utama terperangah kaget ketika langkahnya terhenti tak jauh dari sebuah rumah besar dengan lampu listrik dan pengeras suara yang menyala.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #7

Photo by Godfon

Tulis sebuah buku yang menceritakan kehancuran peradaban manusia yang disebabkan oleh badai radiokatif yang sangat parah. Populasi manusia nyaris punah dan kehidupan makluk hidup juga ikut musnah. Semua itu adalah akibat dari perbuatan manusia.

Penguasa dalam masyarakat distopia itu kemudian memerintahkan pengawasan yang ketat untuk setiap kegiatan manusia. Semua aktivitas manusia dipantau penuh mulai dari makan, minum, mandi bahkan hingga sedang bersama pasangan mereka di dalam kamar.

Tokoh utama cerita yang mengetahui pengawasan yang berlebihan itu kemudian menemukan cara untuk melepaskan diri dari pantauan. Tanpa memikirkan risikonya ia kemudian melakukannya. Hal ini adalah awal dimana tokoh utama cerita masa depan ini menjadi buruan penguasa distopia.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #8

Tulis sebuah buku yang bercerita bagaimana dunia yang dipenuhi oleh wabah, penyakit menular, kelaparan dan juga konflik. Menyikapi hal ini otoritas distopia kemudian menciptakan satu obat yang sangat ampuh untuk membasmi hampir semua penyakit, dari kanker, tumor bahkan kepikunan.

Seiring masifnya kesembuhan dengan obat tersebut, muncul wabah lain yang lebih mematikan dan sama sekali resisten terhadap obat tersebut. Semua orang tertular oleh wabah baru tersebut, termasuk juga orang-orang dalam lingkaran otoritas.

Menariknya, hanya tokoh utama cerita yang sama sekali tidak tertular. Dan hal itulah kemudian yang membuat dirinya diburu untuk dijadikan subyek percobaan obat baru.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #9

Photo by Wallup.net

Tulis sebuah buku novel distopia yang menceritakan tokoh utama yang terlahir dari keluarga kaya raya. Setelah peradaban hancur akibat perang nuklir yang membunuh hampir 80% populasi manusia, keluarga tokoh utama cerita itu selamat karena membangun sebuah benteng yang perkasa.

Di dalam benteng, tokoh utama hampir dapat menemukan apa saja yang menjadi kebutuhannya. Hanya satu hal yang tidak dapat ditemukan dalam benteng itu yakni jawaban dari pertanyaan tentang apa sebenarnya yang terjadi di luar benteng?

Rasa penasaran kemudian menuntun tokoh cerita utama untuk mencari tahu jawabannya.

Begitu ia mengetahui apa yang ada di luar benteng, tokoh utama demikian terhenyak karena ternyata orang-orang dalam benteng-lah yang telah menghancurkan dunia.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #10

Ide rekomendasi novel remaja dengan genre distopia selanjutnya adalah sesuatu yang menarik dimana teknologi hancur dan sistem komunikasi musnah.

Setting cerita menggambarkan bahwa negara tempat tokoh cerita terbagi dalam tiga bagian utama. Dua bagian yang bisa dihuni manusia dipisahkan oleh satu wilayah misterius yang sangat berbahaya.

Sebuah kabar angin kemudian mengatakan bahwa kebangkitan teknologi dan komunikasi bisa pulih kembali dengan sumber daya yang ada di bagian misterius tersebut. Hal inilah yang kemudian memaksa karakter utama cerita melakukan petualangan melintasi wilayah misterius dan penuh bahaya tersebut.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #11

Photo by Peakpx

Tulis sebuah cerita yang menggambarkan kondisi dunia yang sudah sangat kacau dengan kekeringan dan kehancuran dimana-mana. Pertanian tidak ada lagi, padi, jagung, gandum dan penghasil makanan pokok lainnya sudah punah puluhan tahun silam karena bencana ekologi global yang parah.

Tokoh utama cerita dan semua karakter yang ada di dalamnya hanya bisa memakan satu jenis makanan saja sepanjang hidup mereka. Makanan tersebut diproduksi dalam jumlah sangat besar dan didistribusikan ke semua pelosok wilayah. Makanan tersebut tidak memiliki rasa dan setiap hari hanya itulah yang tersedia.

Tokoh protagonis cerita kemudian bertualang, menjelajah ke berbagai tempat yang bahkan dilarang untuk dimasuki. Di suatu lembah setelah perjalanan malam yang melelahkan, tiba-tiba karakter cerita menemukan dirinya tersesat di dalam hutan yang di dalamnya tumbuh berbagai jenis makanan yang dikabarkan sudah punah.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #12

Tulis sebuah cerita dengan setting situasi dunia yang hancur karena pemanasan global dan kebakaran hutan yang hampir merenggut semua daerah di dunia. Tidak ada lagi kehidupan yang dapat dipertahankan di sana.

Tokoh utama cerita kemudian terpilih menjadi salah satu orang yang akan dipindahkan ke sebuah pemukiman baru yang entah ada dimana.

Orang-orang yang terpilih itu dimasukkan ke sebuah kapal besar di laut dan kemudian akan berlayar menuju tujuan di pemukiman baru. Kapal sesak dengan manusia yang dipenuhi harapan untuk bisa hidup layak di tempat baru.

Dalam satu kejadian yang tidak sengaja, karakter utama cerita mengetahui bahwa sebenarnya kapal akan berlayar tanpa tujuan. Pemukiman baru yang dijanjikan oleh penguasa distopia sesungguhnya tidak pernah ada.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #13

Photo by Posterazzi

Tulis sebuah cerita yang melukiskan sebuah penyakit menular yang membuat populasi satwa liar berkurang nyaris 90%. Penyakit ini muncul satu abad sebelumnya dan belum terkendali hingga masa dalam cerita berlangsung.

Seorang ilmuwan kemudian melakukan berbagai penelitian dengan tujuan menciptakan sebuah obat arau serum yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh satwa liar. Setelah yakin dengan temuannya, si ilmuwan kemudian mencobanya dan berhasil. Satwa liar menjadi sangat resisten terhadap penyakit tersebut.

Apa yang tidak disadari kemudian adalah obat itu bekerja terlalu baik.

Di samping membuat sistem imun hewan liar menjadi kebal penyakit, serum itu ternyata juga mampu meningkatkan kemampuan rep-roduksi hingga 10 kali lipat. Akibatnya; dalam waktu dua tahun dunia manusia mulai dijajah oleh satwa liar.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #14

Tulis sebuah buku novel yang menggambarkan kondisi dunia setelah terjadi peristiwa badai besar yang melanda seluruh dunia. Badai hampir memusnahkan apa pun yang dilewatinya, tak terkecuali juga manusia.

Akibat badai ini populasi manusia berkurang hingga 70%. Orang-orang kehilangan apa pun yang mereka miliki. Rumah, kendaraan, bahan makanan dan orang-orang yang mereka sayangi. Di antara banyak manusia malang ini, tokoh utama cerita adalah salah satunya.

Semua orang berjuang untuk bisa bertahan hidup, memakan apa pun yang bisa dimakan.

Ironisnya, dalam situasi yang tidak kondusif seperti ini satu buah partai politik berusaha menguasai semua orang dan mengendalikan mereka. Tokoh utama cerita adalah salah satu orang yang diincar oleh mereka.

Ide Dasar Menulis Novel Distopia #15

Photo by Pixels

Tulis sebuah cerita tentang perang dunia ketiga yang pecah dan menghancurkan segalanya. Perang ini sudah berlansung beberapa tahun sebelumnya dan menyisakan kondisi dunia yang porak-poranda.

Tidak ada lagi pemerintahan, tidak ada lagi negara-negara, uang sama sekali tidak ada gunanya dan sistem ekonomi global sudah runtuh. Satu-satunya tujuan hidup manusia adalah bertahan hidup dengan apa pun cara yang mereka bisa lakukan.

Tokoh utama novel juga terjebak dalam kehidupan seperti ini. Hanya saja ia tidak menyadari ada sebuah skenario besar yang akan menyeretnya untuk menjadi seorang pemimpin dunia baru yang kacau balau tersebut.

BACA JUGA:

Nah, itu adalah beberapa ide dasar cerita novel tentang masa depan dalam genre distopia yang bisa kamu gunakan. Kamu hanya perlu mengembangkan lagi saja ide-ide ini untuk kemudian menjadi sebuah novel yang utuh.

Selamat berkarya!

Kamu ingin menjadi penulis?

Yuk, bergabung dalam kelas menulis online Penulis Gunung ID. Tiga bulan dijamin kamu bisa memiliki buku atas nama kamu sendiri


Anton Sujarwo

anton sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


3 tanggapan untuk “15 IDE NOVEL TENTANG MASA DEPAN UNTUK PENULIS DISTOPIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: