15 IDE CERITA MISTERI PALING OKE UNTUK INSPIRASI MENULIS NOVEL THRILLER

Jadi, kamu sedang mencari ide cerita misteri untuk menulis buku novel thriller dan menegangkan?

Kamu beruntung, karena Penulis Gunung baru saja mengumpulkan 15 ide cerita-cerita misteri yang bisa kamu kembangkan menjadi novel atau pun cerpen. Contoh cerita misteri ini merupakan lanjutan dari dua artikel sebelumnya tentang ide cerita fiksi romantis dan ide cerita fiksi fantasi.

Nah, seperti biasa sebelum langsung melihat apa saja daftar idenya, yuk, lihat kembali tips dan teknis menulis cerita misteri yang menarik.

Kumpulan 15 Ide Cerita Misteri Serta Tips dan Cara Menuliskannya

Photo by cottonbro

Hal pertama yang harus kamu pahami sebagai penulis novel misteri adalah bahwa lingkup misteri berbeda dengan horror. Hal ini mungkin ditemukan ambiguitas di Indonesia dimana cerita misteri seringkali disamakan dengan cerita tentang hantu atau horror.

Bagaimana menulis cerita hantu atau horror sudah pernah dibahas dalam artikel Penulis Gunung sebelumnya. Dua objek penulisan ini memiliki perbedaan. Cara menulis cerita thriller atau misteri tidak melulu tentang hantu, atau bahkan bukan tentang hantu sama sekali. Ini adalah konsep cerita yang mengedepankan teka-teki, pertanyaan, puzzle dan misteri untuk dipecahkan sepanjang jalan cerita.

Membuat alur cerita misteri bahkan dianggap sebagai proses penulisan yang paling sulit untuk dilakukan. Ini tidak hanya harus dilakukan dengan hati-hati, namun juga harus terencana dengan baik, karena jka tidak, unsur misterius, teka-teki dan pertanyaan dalam ceritanya justru tidak tercapai.

Nah, bagaimana cara menulis cerita misteri yang menarik dan efektif?

BACA JUGA:

Beberapa Tips Penting dalam Menulis Cerita Misteri

Photo by Loannes Marc

Sebagai sebuah cerita yang tidak mudah untuk ditulis, cara membuat cerita thriller dan misteri memang sangat menantang. Penulisannya sangat berbeda dengan menulis misalnya tentang genre romantisme remaja dan sebagainya. Dalam penulisan cerita misteri, ada beberapa hal penting yang tidak boleh kamu abaikan.

Sebelum kamu membaca satu demi satu contoh cerita misteri yang bisa kamu kembangkan menjadi sebuah novel yang utuh, berikut beberapa tips yang penting untuk kamu perhatikan.

  • Buat tokoh antagonisnya disukai oleh pembaca terlebih dahulu. Tokoh antagonis dalam cerita misteri tidak dapat kamu pahami seperti halnya tokoh antagonis dalam kisah kepahlawanan dan super hero. Dalam cerita misteri, penting bagimu untuk membuat tokoh antagonis memiliki karakter yang kompleks atau rumit. Buat ia kadang-kadang memiliki sifat baik yang membuat pembacamu bersimpati. Dan tentu pada titik-titik turning point yang menentukan, kamu dapat membongkar sifat asli karakter antagonis dengan aksinya yang mengerikan atau menakutkan.
  • Buat pembaca berpikir bahwa mereka tahu kemana arah cerita dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memberikan pembaca beberapa pentunjuk nyata yang seolah-olah jalan menuju kebenaran dugaan mereka. Akan tetapi, kamu dapat mengatur semua petunjuk itu sebagai sebuah bayangan kenyataan palsu untuk ‘mengecoh’ pembaca yang penasaran.
  • Dekatkan tempo antara adegan menakutkan dengan adegan lembut. Ini adalah tips yang cukup efektif sebagai cara membuat novel psikopat pada umumnya. Jadi, kamu membuat adegan yang smooth berdekatan jaraknya dengan adegan yang keras, menegangkan dan juga menakutkan.
  • Jaga alur cerita tetap maju. Ini bukan berarti kamu tidak boleh memasukkan adegan flashback dalam penulisan novel thriller. Namun, kamu harus menjaga semua adegan yang dimasukkan untuk selalu bergerak maju. Jangan sampai adegan flashback yang kamu tambahkan justru membuat alurnya menjadi terhenti dan ketegangan yang telah tercipta menjadi hilang. Mengenai bagaimana menulis flashback yang bagus dapat kamu pelajari disini.

15 Ide Cerita Misteri Singkat untuk Inspirasi Menulis Novel

Photo by Francesco Ungaro

Kekuatan utama dari genre cerita misteri adalah rasa penasaran dan keingintahuan manusia itu sendiri. Rasa kengintahuan dan penasaran inilah yang membuat genre cerita ini sangat populer di kalangan para pembaca.

Tidak berlebihan rasanya jika ada penulis yang mengatakan bahwa penulis mana pun yang memilih cerita misteri seumpama sedang bertualang dalam rasa keingintahuan manusia. Jadi, hakikatnya yang membalikkan halaman demi halaman lembar buku adalah rasa penasaran dan keingintahuan itu sendiri.

Namun tentu saja ini tidak mudah, apalagi jika kamu memulainya dari sebuah kertas kosong tanpa ide sama sekali.

Nah, untuk itulah 15 ide cerita misteri berikut bisa kamu gunakan.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 1

Tulis sebuah buku yang mengangkat karakter utama sebagai seorang penulis misteri. Penulis ini adalah orang yang sudah lama berhenti dari menulis dan meninggalkan naskah cerita terakhirnya dalam kondisi setengah jadi. Dikarenakan kesibukan dan pekerjaan, ia hampir enam bulan tidak pernah menyentuh naskah itu lagi.

Ketika virus Covid-19 melanda, tokoh utama cerita kehilangan pekerjaan utamanya yang membuat ia hampir kehilangan mata pencaharian. Untuk itu, ia kemudian mulai melirik naskah lamanya lagi untuk dilanjutkan dengan harapan supaya bisa diterbitkan, menghasilkan uang atau pun dijual.

Namun, alangkah terkejutnya tokoh utama ketika melihat naskahnya sudah hampir selesai dan hanya menyisakan satu bab terakhir yang paling menentukan. Dan tokoh utama sama sekali tidak tahu siapa yang telah menuliskannya.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 2

Photo by cottonbro

Tulis sebuah buku tentang karakter utama cerita yang mengalami gangguan tidur yang parah. Ia sudah mencoba segala macam cara untuk bisa tidur nyenyak, namun selalu merasa hanya bisa tertidur selama satu dua jam saja sepanjang malam.

Atas saran seseorang, karakter utama kemudian menempatkan sebuah kamera CCTV di sudut kamarnya untuk merekam apa sebenarnya yang terjadi pada dirinya dan apakah benar ia mengalami gejala tidur berjalan.

Akan tetapi ketika rekaman diputar keesokan harinya, ia mendapati dirinya sendiri seolah benar-benar terjaga bahkan sempat melambaikan tangan ke CCTV untuk kemudian menghilang hingga subuh. Dan itu berlangsung setiap malam.

BACA PULA:

Ide Cerita Misteri dan Thriller 3

Tulis sebuah cerita thriller tentang tokoh utama cerita yang memiliki profesi sebagai seorang fotografer. Karakter utama biasa memotret untuk acara apa saja, yang penting ia mendapatkan bayaran yang cukup.

Suatu ketika karakter utama mendapatkan tawaran untuk memotret pre-wedding di sebuah tempat terpencil. Ia kemudian dijemput oleh seseorang pada malam hari untuk kemudian dibawa ke tempat tujuan.

Setelah menyelesaikan proses pemotretan, karakter kembali ke kota dan berjanji untuk mengirim hasil fotonya melalui paket atau email. Namun, dalam setiap tepi foto yang dihasilkannya, tokoh utama selalu melihat seseorang sedang berdiri dan menatap tajam ke arahnya.

Dan sosok itu tidak pernah ada saat pemotretan dilakukan.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 4

Tulis sebuah cerita tentang karakter utama cerita kamu yang sedang kesulitan ekonomi dan mengalami PHK sebagai efek pandemi Covid-19. Karena tinggal di sebuah kawasan wisata bersejarah, tokoh utama memutuskan untuk menyewakan salah satu kamar terbaik di rumahnya sebagai hotel di internet melalui aplikasi.

Ketika tamu pertama datang dan menyewa selama beberapa hari, teryata itu benar-benar menjadi uang penghasilan yang menarik. Tamu kedua pun demikian yang membawa anak dan istrinya untuk berlibur.

Namun ketika tamu yang ketiga datang dan menyewa kamar tersebut selama satu minggu, berbagai kejadian aneh mulai terjadi. Dan semuanya sama sekali diluar perkiraan sang tokoh utama cerita.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 5

Photo by Jou00e3o Cabral

Tulis sebuah buku yang menceritakan bahwa karakter utama selama sebulan penuh menerima surat dari seseorang yang nampaknya salah alamat. Karena merasa penasaran, tokoh utama cerita kemudian memutuskan untuk membuka surat salah alamat yang ia terima pada hari ke-25.

Dalam surat itu ia tak menemukan apa pun kecuali sebuah titik koordinat yang menunjukkan suatu lokasi entah dimana. Merasa penasaran, tokoh utama pun membuka surat salah alamat yang ia terima esoknya dan esoknya lagi.

Dan isinya adalah sama; sebuah informasi titik koordinat untuk lokasi yang berbeda-beda. Rasa penasaran membuat tokoh utama memutuskan untuk membuka semua surat salah alamat itu sejak hari yang pertama.

Dan isinya juga sama, hanya sebuah titik koordinat sebuah lokasi yang entah berisi apa.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 6

Tulis sebuah cerita tentang bagaimana karakter utama cerita yang merasa begitu terpukul karena kekasihnya tewas dalam sebuah kejadian tragis.

Dua tahun kemudian, tokoh utama cerita mulai bisa bangkit ketika ia berjumpa dengan seseorang yang terlihat bisa menggantikan kekasihnya yang tewas.

Akan tetapi sejak saat itu, ia juga menerima serangkaian kartu pos, email, kiriman hadiah dan telepon yang semuanya hanya biasa dilakukan oleh kekasihnya yang sudah tewas dua tahun lalu.

BACA JUGA:

Ide Cerita Misteri dan Thriller 7

Photo by Vlad Bagacian

Tulis tentang karakter utama cerita yang penasaran untuk melakukan tes DNA atas dirinya sendiri hanya untuk bergembira dan mencari tahu darimana sebenarnya ia berasal. Hasil tes itu kemudian memberikan informasi yang sama seperti dugaan tokoh utama. Hanya saja ada satu detail kecil yang nampaknya lebih menarik perhatian.

Tokoh utama menjadi lebih penasaran lagi karena ia menemukan detail yang sama pada beberapa orang yang dikenalnya dari seluruh dunia. Informasi ini menjelaskan bahwa pada masa lampau leluhur mereka pernah berkumpul di tempat terpencil yang sama sekali tak berpenghuni.

Penemuan ini membawa tokoh utama mendatangi tempat tersebut dan berusaha mencari jawaban rasa penasarannya.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 8

Tulis sebuah buku yang menerangkan bahwa di kota tempat tokoh utama tinggal telah terjadi kejadian aneh yang telah berlangsung beberapa hari.

Di sejumlah sudut kota, setiap pagi ditemukan mobil-mobil terbengkalai yang seolah ditinggalkan saja oleh pemiliknya. Tidak ada barang pribadi, tanda pengenal atau bahkan plat nomornya sendiri.

Tidak ada yang bisa dilakukan oleh polisi untuk menyelidiki kejadian ini sampai suatu hari seseorang menemukan sesuatu dalam sebuah mobil yang baru ditinggalkan. Sesuatu yang ditemukan itu adalah sepasang bola mata manusia yang nampaknya baru saja dikeluarkan pada malam harinya.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 9

Photo by Johannes Plenio

Tulis sebuah cerita dimana tokoh utama cerita menemukan sebuah tas yang tertinggal dalam kereta malam yang terakhir. Sebagai orang baik, karakter utama kemudian berusaha mengembalikan tas tersebut kepada pemiliknya yang ia ketahui dari sebuah kartu nama yang tampaknya sengaja ditinggalkan di bagian kantong tas kecil yang tidak dikunci.

Setelah menemukan alamat di atas kartu nama, tokoh utama terkejut karena pemiliknya sudah lama meninggal dunia dan rumah itu sendiri sudah dijual 10 tahun sebelumnya.

Merasa kebingungan dengan hal itu, tokoh utama berinisiatif untuk membuka isi tas utama. Di dalamya, ia menemukan sejumlah uang dan perhiasan yang bisa membuat tokoh utama menjadi kaya mendadak.

Namun bersamaan dengan uang dan perhiasan itu, terdapat pula secarik kain tua yang di atasnya disulam nama dan alamat seseorang yang nampaknya menjadi tujuan sebenarnya dari keberadaan tas tersebut.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 10

Tulis sebuah cerita yang mengisahkan tokoh utama yang terbangun di tengah malam karena mendengar teriakan histeris gadis kecil di luar rumahnya. Tokoh utama segera keluar dan menemukan gadis kecil yang berteriak itu persis berada di halaman depan rumahnya.

Gadis kecil itu tidak terluka atau habis dianiaya.

Hanya saja ia tidak tahu siapa dirinya sendiri, darimana dia berasal, dan bagaimana caranya ia bisa tiba di halaman rumah tokoh utama.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 11

Photo by Sebastiaan Stam

Tulis sebuah cerita dimana tokoh utama cerita memutuskan untuk pindah ke sebuah kota kecil guna memulai kehidupan dewasa yang sebenarnya. Di kota tersebut, tokoh utama berusaha menyesuaikan diri dengan baik dan memperkenalkan dirinya dengan tetangga sebagai permulaan.

Namun hari demi hari tokoh utama menyadari bahwa ada yang aneh dengan penduduk kota itu. Mereka sama sekali tidak saling menyapa satu sama lain dan tidak ada juga yang mengenal tokoh utama meskipun ia sudah sangat ramah dan berusaha memperkenalkan dirinya.

Hal ini semakin menjadi-jadi ketika tokoh utama menjadi saksi mata sebuah tindak kejahatan dan tidak ada seorang pun peduli dengannya meskipun ia meminta tolong. Bahkan orang-orang berseragam petugas keamanan pun tidak perduli ketika seorang wanita dirampok di hadapan mereka.

Ide Cerita Misteri dan Thriller 12

Tulis sebuah cerita tentang sebuah rumah yang nampak tidak terawat di sudut kampung yang tidak begitu jauh dari rumah tokoh utama yang baru saja pindah ke wilayah tersebut. Rumah itu tidak ditinggalkan namun tidak ada pula yang pernah melihat siapa penghuninya.

Untuk sebuah alasan, tokoh utama cerita kemudian mendatangi rumah tersebut.

Di sana ia menemukan sesuatu yang sama sekali berbeda dengan apa yang sebelumnya dibicarakan orang-orang. Tokoh utama juga kemudian mendapat alasan mengapa selama ini tidak ada satu pun yang melihat penghuni rumah tersebut.

BACA JUGA:

Ide Cerita Misteri dan Thriller 13

Photo by Webdexter Apeldoorn

Tulis sebuah buku dengan karakter utama cerita yang tinggal di sebuah kota kecil di kaki pegunungan yang jauh dari pusat kota. Semua orang di tempat itu saling kenal satu sama lain dan terjalin keakraban yang erat di antara mereka.

Tidak lama setelah karakter utama cerita tiba di kota itu, kejadian misterius mulai terjadi. Satu persatu penduduk kota menghilang tanpa meninggalkan jejak sama sekali. Tidak ada yang tahu kemana orang-orang itu pergi, mereka seolah lenyap di telan bumi.

Ketika jumlah orang yang hilang semakin besar dan tidak pernah kembali, kecurigaan mulai mengarah kepada tokoh utama cerita. Untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah, tokoh utama kemudian harus merelakan dirinya pula ikut menghilang bersama orang-orang tersebut demi mencari jawaban.

Contoh Cerita Misteri dan Thriller 14

Tulis sebuah buku bagaimana selama satu bulan terakhir, tokoh utama cerita selalu menerima paket yang berisi gambar-gambar yang mengerikan berupa pembunuhan dan pembantaian. Sejauh ini pembantaian dan pembunuhan itu hanya terjadi pada ternak dan binatang peliharaan, namun pada 10 gambar yang terakhir itu terjadi pada manusia.

Karakter utama menganggap bahwa itu hanyalah ulah anak-anak yang kurang kerjaan atau yang terlalu kreatif dalam mengedit foto dari internet. Jadi, ia tidak memperdulikannya.

Namun, beberapa hari kemudian, gambar-gambar mengerikan itu mulai menjadi kenyataan satu-persatu. Tokoh utama mulai gelisah karena ia adalah satu-satunya orang yang mengetahui bagaimana sadisnya pembunuhan itu dilakukan.

Contoh Cerita Misteri dan Thriller 15

Photo by Lisa

Contoh cerita misteri singkat yang terakhir dan bisa kamu kembangkan menjadi novel adalah dengan menulis karakter utama hidup pada masa internet baru pertamakali ditemukan. Ada banyak peringatan yang mengatakan jangan pernah membagikan informasi pribadi dan penting di internet pada masa itu.

Tokoh utama yang masih remaja dan penuh rasa ingin tahu, justru mengunggah beberapa informasi pribadi dirinya sendiri di internet.

Tidak ada yang terjadi sampai ia kemudian mulai dibuntuti oleh polisi yang menyamar menjadi berbagai macam profesi. Tokoh utama kemudian ditangkap karena kejahatan yang ia sendiri tidak tahu bagaimana kejadiannya.

Informasi yang ia bagikan di internet ternyata telah menjebak dirinya sendiri sebagai pelaku kejahatan paling sadis di kota yang tidak begitu jauh dari tempat tinggalnya.

BACA PULA:

Nah, itu adalah 15 contoh cerita misteri singkat yang tentu saja bisa kamu kembangkan sendiri menjadi sebuah karya yang luar biasa. Dengan artifisial imajinasi dan rekayasamu, 15 ide cerita misteri tersebut dapat diubah menjadi mahakarya.

Jadi, selamat menuliskannya, ya.

BERANI?

Satu bulan punya buku atas nama kamu sendiri?


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: