INI 15 TANDA JIKA KAMU ADALAH CALON SEORANG PENULIS HEBAT

Menjadi seorang penulis memang membutuhkan disiplin dan konsistensi untuk bisa berhasil. Akan tetapi, ada beberapa orang yang nampaknya dianugrahi ‘mukjizat’ untuk menjadi seorang penulis hebat berdasarkan ciri-cirinya. Pertanyaannya adalah; apakah kamu memiliki salah satu ciri ‘mukjizat’ sebagai seorang penulis hebat tersebut?

Nah, artikel kali ini akan membahas hal itu.

Yuk, dibaca sampai tuntas, ya.

Kamu adalah Penulis Hebat jika Kamu Memiliki 15 Tanda Berikut

Photo by Dziana Hasanbekava on Pexels.com

Pekerjaan penulis saat ini menjadi impian banyak orang. Kehidupan sebagai seorang penulis dianggap sebagai gambaran kehidupan yang ideal untuk dijalani. Kamu hanya menulis sambil ditemani secangkir kopi panas, merangkai kata dan kalimat indah, kemudian memiliki karya yang membuat kamu terkenal.

Hal lain yang menarik dari profesi ini adalah gaji penulis yang bagi beberapa orang dianggap fantastis. Figur raksasa dunia menulis seperti J.K. Rowling dan Stephen King telah menjadi model yang membuktikan bahwa penghasilan menulis memang sangat menggiurkan.

Kamu pun pastinya sepakat dengan hal ini jika melihat penulis tanah air yang mahsyur seperti Andrea Hirata, Habiburahman El Shirazy, Asma Nadia dan sebagainya, kan?

Menariknya, orang-orang yang kemudian terjun sebagai penulis buku, fiksi dan non fiksi, tidak serta merta menghasilkan karya yang sukses. Bahkan jika berkata jujur, ada lebih banyak penulis yang tidak begitu berhasil dari sisi penjualan dan materi yang ia peroleh. Sementara penulis lain, bisa saja sebaliknya.

BACA JUGA:

Photo by Dziana Hasanbekava on Pexels.com

Lantas, apa yang membuat mereka berbeda?

Ada banyak asumsi yang berusaha menjelaskan hal ini. Namun yang paling menarik adalah sebuah pendapat yang mengatakan bahwa setidaknya ada 15 tanda yang menunjukkan bahwa seseorang itu akan menjadi penulis hebat. Entah ia terkenal atau belum, entah ia menghasilkan banyak uang atau belum, yang pasti ia memiliki seperangkat ‘mukjizat’ sebagai seorang penulis yang hebat.

Nah, ini adalah 15 tanda-tanda yang dimaksud;

Kamu Memiliki Pikiran Seorang Petualang

Photo by Michael Block

Siapa pun tidak bisa menjadi penulis novel yang hebat jika ia tidak memiliki pikiran seorang petualang. Pikiran yang melanglang buana menembus ruang, waktu, dan batas-batas rasional manusia adalah tanda pertama jika kamu memiliki bakat menjadi seorang penulis hebat.

Dengan hanya duduk di depan laptopmu, pikiran kamu bisa saja terbang ke puncak gunung yang paling tinggi, atau masuk ke goa terdalam di perut bumi, atau terjebak dalam serangkaian konflik abad pertengahan. Atau malah menjadi seorang pemimpin pemberontak yang jatuh cinta dengan tawanan yang dipenjara.

Apa pun yang ada dalam pikiranmu, selama ia membawamu terbang dalam lintasan imajinasi yang luar biasa dan tidak membiarkan kamu terpaku di satu tempat saja, maka kamu adalah calon seorang penulis hebat.

BACA INI JUGA, YUK:

Kamu Suka Membaca Sampai Kapan pun

Photo by Dayan Rodio on Pexels.com

Jika kamu ingin jadi penulis yang hebat, kamu tidak dapat meninggalkan salah satu kebiasaan wajib mereka yaitu; membaca.

Membaca adalah bagian penting dari kehidupan seorang penulis. Kamu akan lebih memilih menghabiskan hari dengan buku dan secangkir kopi di depan rumah daripada hang out bersama teman-teman di café atau tempat hiburan.

Jika membaca adalah hal penting dalam hidupmu dan kamu tidak pernah berpikir untuk menghentikannya, maka kamu memiliki salah satu tanda dan potensi untuk menjadi seorang penulis yang hebat.

Kamu Lebih Suka Menulis daripada Mengatakannya Secara Lisan

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels.com

Penulis yang hebat adalah pencerita yang hebat.

Penulis adalah storyteller yang sebenarnya. Namun alih-alih menyampaikan cerita mereka dengan lisan secara langsung, penulis hebat justru akan memilih untuk mengisahkannya dengan untaian kata di atas lembaran kertas.

Nah, jika kamu adalah seseorang yang lebih mengutamakan berbagi kisahmu secara tulisan dibandingkan lisan, kamu mungkin adalah seorang calon penulis besar di kemudian hari.

Kamu Bisa Mengidentifikasi Tulisan yang Bagus

Photo by Oziel Gu00f3mez on Pexels.com

Ada banyak judul penulis yang terlihat sangat bagus dari karya-karya mereka. Tetapi itu bukan ukuran paling penting yang menentukan kualitas buku yang akan menjadi pilihan kamu.

Kemampuan satu ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan telepati atau energi magis lainnya. Hanya saja kamu memiliki semacam keistimewaan dapat mengidentifikasi sebuah tulisan yang bagus hanya dengan sekilas. Kamu mungkin tidak membaca keseluruhan isi buku, namun satu paragraf dalam buku itu sudah cukup untuk memberikan kamu gambaran kualitasnya.

Jika kemampuan seperti ini ada pada kamu, kamu sebaiknya segera memulai perjalanan penulisan kamu sendiri, ya, karena kamu memiliki salah satu tanda sebagai calon penulis besar.

INI JUGA MENARIK:

Kamu Mengamati Banyak Hal dan Menuliskannya

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Tempat kerja seorang penulis bisa dimana saja. Dimana pun kamu merasa nyaman untuk menulis dan mengetik di atas keywboard laptopmu, kamu dapat menjadikannya ruang kerja.

Begitu juga dengan cara memandang seorang penulis yang hebat, mereka dapat melihat apa pun dan mengubahnya menjadi sebuah cerita. Kamu mungkin mengamati seorang nelayan yang sedang menebar jala di tepi danau, memancing di atas sampan, atau bahkan hanya melihat kepakan sayap elang yang melayang di angkasa.

Apa pun yang kamu amati, akan memberikan kamu inspirasi untuk menuliskannya.

Kamu Memahami Bahwa Menulis adalah Bagian dari Terapi

Photo by cottonbro on Pexels.com

Penulis yang hebat sama sekali tidak menganggap menulis sebagai sebuah pekerjaan yang melelahkan. Penulis bukan hanya sekedar profesi bagi mereka, ini mungkin saja adalah gaya hidup atau the way of life yang mereka pilih secara merdeka.

Jika kamu bertanya profesi apa yang dilakukan seorang penulis selain menulis? Jawabannya mungkin akan beragam.

Mereka bisa saja memiliki profesi sebagai pendaki gunung, dokter, pengusaha, atau petani sekali pun. Namun, menulis bagi seorang penulis hebat tidak hanya sekedar rutinitas. Menulis juga adalah terapi, adalah obat, adalah semedi dan penyembuhan yang efektif.

Kamu Memiliki Rasa Penasaran yang Tinggi

Photo by Monstera on Pexels.com

Siapa pun yang ingin jadi penulis sudah pasti harus memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ini bukan tentang menjadi seorang detektif, tapi memang demikianlah seorang penulis hebat yang seharusnya.

Rasa ingin tahu yang besar akan membawa seseorang kepada rasa penasaran, dan rasa penasaran yang diikuti akan membawa kamu pada upaya untuk menemukan jawabannya.

Rangkaian proses sederhana ini adalah bagian dari journal atau rutinitas seorang penulis yang hebat.

BACA PULA:

Kamu Percaya Bahwa Kamu Bisa Menulis Lebih Baik Lagi

Photo by Yan Krukov on Pexels.com

Seorang penulis yang hebat adalah pembelajar sejati. Kamu mungkin sudah menulis sangat baik pada saat ini, namun kamu akan tetap berkomitmen untuk dapat menulis lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Keputusan untuk menjadi penulis novel atau penulis apa pun, adalah keputusan atas kesediaan belajar terus menerus. Kamu mengasah kemampuan, memperbanyak kosakata, membaca referensi dan melatih diri sesering mungkin.

Jika kamu memiliki sifat seperti ini, tidak diragukan lagi bahwa kamu memiliki tanda-tanda calon seorang penulis yang hebat di kemudian hari.

Kamu Tidak Takut Tidak Terkenal dan Tidak Kaya dengan Menulis

Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Pengacara, dokter, bahkan tukang parkir sekali pun, mereka semua mencetak uang. Penulis? Bagaimana dengan penulis? Penulis itu menderita, kadang-kadang mereka bunuh diri, kadang-kadang mereka juga menjadi gila.

Charles Bukowski

Apakah dengan menulis kamu akan menjadi terkenal, menjadi kaya dan berlimpahan materi, atau malah jatuh dalam aktivitas yang justru membuatmu  kehilangan kesempatan mendapatkan kekayaan dan popularitas. Apa pun konsekuensi dari menulis, sama sekali tidak akan membuat kamu merasa takut untuk terus menulis.

Bagi penulis terkenal dengan buku best seller yang terjual hingga jutaan copy, gaji penulis tentu sangat cukup untuk hidup secara berlebihan. Namun jangan salah, ada lebih banyak penulis yang hidup dalam kekurangan dikarenakan penghasilan mereka yang tidak besar dari menulis.

Seorang penulis hebat tidak memperdulikan hal seperti ini. Mereka hanya akan berkarya, menulis dan menulis lagi.

Kamu Berani Melakukan Terobosan

Photo by Mary Taylor on Pexels.com

Jika kamu menulis artikel ilmiah atau jurnal akademis, kamu harus patuh pada PUEBI atau EYD. Tetapi jika kamu menulis novel, kamu seharusnya berani menabrak semua aturan yang justru mengekang kreativitas menulismu.

Terobosan dalam menulis bukan hanya berani bereksperimen pada penulisan yang tidak biasa. Namun juga memikirkan tema-tema penulisan yang belum banyak didapatkan. Hal ini seperti yang digambarkan oleh quotes berikut ini;

Jika kamu tidak menemukan buku yang ingin kamu baca di rak-rak toko buku atau perpustakaan, maka itu adalah tanda bahwa kamu harus menuliskannya.

Anonim

YUK, BACA YANG INI JUGA:

Kamu Tidak Ragu Saat Menuangkan Pikiranmu dan Terbuka dengan Kritik

Photo by Markus Winkler on Pexels.com

Saat menghasilkan tulisan dan rangkaian kata, kamu tidak pernah berpikir bahwa hal itu akan diedit dan dihilangkan. Kamu selalu mempersembahkan yang terbaik, dan kamu memiliki kepercayaan diri bahwa tulisanmu sudah sangat tepat, baik dari penempatan kata, pilihan dan juga susunannya.

Meskipun demikian, penulis buku yang hebat juga tidak anti kritik.

Ketika persembahan terbaik mereka diedit oleh editor, mereka mungkin saja akan menanyakannya. Namun ketika penjelasan sang editor dapat diterima, penulis yang hebat akan dengan sangat lapang dada menerimanya.

Kamu Tidak Menunggu Terinspirasi Untuk Menulis

Photo by MART PRODUCTION on Pexels.com

Salah satu yang membedakan antara penulis hebat dengan pemula adalah tentang cara menyikapi mood. Ketika para penulis pemula menunggu mood untuk bisa menulis, para penulis hebat tidak membutuhkan hal itu.

Untuk menjadi penulis novel yang hebat kamu sama sekali tida bisa bergantung pada mood. Kamu bisa saja sedang tidak terinspirasi untuk menulis pada suatu ketika. Namun penulis yang hebat dan profesional menghadapi itu semua dengan disiplin dan konsistensi tingkat tinggi.

Jadi, entah mereka sedang mood atau tidak, entah mereka sedang terinspirasi atau tidak, para penulis yang hebat akan tetap menulis.

Kamu Mempertontonkan Kejadian (Show not Tell)

Photo by Teona Swift on Pexels.com

Penulis yang hebat tidak pernah memberitahu sebuah cerita kepada pembaca. Sebaliknya, mereka menunjukkannya.

Nah, kamu pun demikian. Jika kamu lebih tertarik untuk menunjukkan tentang sesuatu dibanding memberitahunya secara biasa, kamu mungkin adalah calon penulis yang hebat di kemudian hari.

Daripada menulis; pria itu menggunakan baju berwarna merah.

Penulis yang hebat mungkin akan memilih narasi seperti: Entah apa yang pria itu pikirkan dengan menggunakan kemeja seperti nyala api di tengah terik matahari seperti ini?

Atau mungkin dengan kalimat lain yang lebih pada kesan menunjukkan.

BACA PULA:

Kamu Terbiasa Dengan Rutinitas Seorang Penulis

Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Pekerjaan penulis juga adalah sebuah rutinitas, meskipun para penulis hebat tidak pernah menganggap pekerjaan ini sebagai sebuah aktivitas yang membosankan.

Penulis terbiasa membaca, dan kamu juga membiasakannya. Penulis hebat menulis setiap hari, kamu juga mempraktikkannya. Penulis terbaik memiliki waktu dan tempat khusus untuk menulis, dan kamu pun mengatur aktivitasmu untuk melakukan hal yang sama.

Jika hal ini kamu lakukan, dengan terbiasa dalam rutinitas seorang penulis setiap harinya, maka kamu adalah calon penulis hebat.

Kamu Tidak Pernah Berpikir untuk Berhenti Menulis

Photo by cottonbro on Pexels.com

Nah ini yang terakhir dan mungkin paling penting, bahwa kamu tidak pernah terpikir untuk berhenti menulis sampai kapan pun.

Penulis yang hebat tidak pernah pensiun, tidak pernah cuti, dan tidak pernah memiliki hari libur. Ketika mereka sedang tidak menulis mereka akan membaca. Ketika sedang tidak membaca maka para penulis yang luar biasa itu akan mengisi pikiran dan imajinasi mereka dengan berbagai hal yang akan mereka tuliskan nantinya.

Jika kamu tidak pernah berpikir untuk berhenti menulis dengan alasan apa pun, percayalah, kamu sebenarnya dilahirkan untuk menjadi seorang penulis hebat.

Jadi, ikuti saja kata hatimu.


Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: